Pura Tirta Celempung, Pelukatan Sekala dan Niskala.

  • 01 Agustus 2017
  • Dibaca: 1707 Pengunjung

Pura Tirta Celempung merupakan Pura tirta pengelukatan yang terletak di Kabupaten Klungkung, tepatnya di Desa Besang Kawan, Kelurahan Semarapura Kaja. Pura Tirta Celempung memiliki keunikan yang berbeda dari Pura Tirta lainnya. Debit air pada musim kemarau di Pura Tirta Celempung ini cenderung meningkat dari biasanya, sedangkan pada musim penghujan debit air cenderung menurun.

Pura Tirta Celempung terdiri dari beberapa pelinggih yang memiliki fungsi dan letak yang berbeda. Terdapat 2 tempat untuk melakukan proses penglukatan baik secara sekala maupun niskala. Tempat melukat secara sekala sebagai tempat pembersihan diri secara jasmani dan niskala pembersihan diri secara rohani. Tempat melukat Sekala terdapat di luar area Pura dan tempat melukat Niskala yang terdapat di jaba Pura. Melukat secara Sekala dilakukan sendiri oleh pemedek guna membersihkan diri secara jasmani dan melukat secara Niskala dipimpin langsung oleh pemangku Pura Tirta Celempung guna membersihkan diri secara rohani.
Tirta dari Pura Tirta Celempung ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit, bukan hanya itu tirta dari Pura ini dapat memberikan keberuntungan, rejeki dan menjauhkan dari marabahaya.

  • 01 Agustus 2017
  • Dibaca: 1707 Pengunjung

Video Lainnya

Cari Video