Posyandu dan Penyuluhan Kesehatan di Desa Jumpai

  • 12 Maret 2011
  • Dibaca: 310 Pengunjung
Posyandu dan Penyuluhan Kesehatan di Desa Jumpai

Posyandu  adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (Posyandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (Imunisasi dan timbang berat badan) ,dari hal itu mengingat salah satu tujuan program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) adalah meningkatkan kemandirian keluarga dalam memelihara kesehatan ibu dan anak. Dalam keluarga, ibu dan anak merupakan kelompok yang paling rentan dan peka, terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti: kejadian kesakitan (morbiditas) dan gangguan gizi (malnutrisi), yang seringkali berakhir dengan kecacatan (disability) atau kematian (mortalitas). 

Berdasarkan hal tersebut pada hari kamis tanggal 10 Maret 2011, Kepala UPT.Puskesmas Klungkung I,drg.Ida Bagus Putra Dwipayana,Koordinator KIA/KB, Ni Desak Made Marheni,pemegang program Imunisasi, Luh Nyoman Ayu Deniawani,pemegang program Kesehatan Lingkungan,Ni Gusti Ayu Sariningsih,pemegang program GIZI,Luh Sri Suciari dan Promkes,Ida Ayu Regina K.P,berkaitan dengan kegiatan Posyandu di Desa Jumpai tepatnya di Br.Jumpai Kangin  melaksanakan penyuluhan mengenai ; Kesehatan Ibu dan Anak, Peningkatan Status Gizi Anak,dan Imunisasi,kegiatan ini diikuti oleh 30 orang ibu/bapak yang memiliki bayi dan balita,acara dimulai pada pukul 10.00 Wita dan berakhir pada pukul 12.00 Wita.

  • 12 Maret 2011
  • Dibaca: 310 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita