Bupati Suwirta "Madelokan" Pada Upacara Ngaben di Desa Jumpai

  • 26 Juni 2015
  • Dibaca: 474 Pengunjung
Bupati Suwirta "Madelokan" Pada  Upacara Ngaben di Desa Jumpai

Upacara Pitra Yadnya (Ngaben) yang dilakukan secara massal berlangsung di sejumlah Banjar/Desa Adat di Klungkung. Meski demikian, di tengah kesibukannya, kepedulian terhadap kegiatan adat tetap mendapat perhatian dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Kepedulian ini terlihat dalam dua hari belakangan ini dimana Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa rangkaian upacara di wilayahnya.

Sebutlah prosesi ngaben massal di Br.Negari Desa Pakraman Negari Klungkung. Di tempat ini, peserta upacara mencapai 45 sawa. Selanjutnya, Bupati Suwirta mengunjungi Br.Adat Nesa Desa Pakraman Banjarangkan kemudian ke Br. Pegending Desa Pakraman Sangkan Buana. Dan, terakhir menghadiri prosesi pitra yadnya di Gria Kediri Kamasan. Kesemuanya, puncak acara berlangsung pada Sabtu (27/6) besok.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan agar kegiatan adat ini dilaksanakan dengan ketulusan dan keiklasan serta didasarkan atas semangat bergotong-royong.”Hal yang sama juga untuk kegiatan sosial lainnya, sehingga kegiatan adat ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan,”pesannya.

Sebelumnya pada tiga hari (23/6) senin lalu, Bupati Suwirta juga mengunjungi kegiatan Upacara Pitra Yadnya di tiga desa yakni,Desa Satra, Desa Jumpai dan Desa Paksebali.

Disaat bersamaan pula berlangsung upacara pelebonan di Gria Kamasan Klungkung. Selain pelebonan putra dari Ida Pandita Kediri prosesi tersebut diiringi pula pengabenan terhadap 50 sawa yang merupakan krama Desa Pakraman Gelgel. Adapun prosesi ngulapin dilangsungkan Kamis (25/6) kemarin.

  • 26 Juni 2015
  • Dibaca: 474 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita